Select Page

Setelah sebelumnya melaksanakan kuliah lapangan (kulap) di Situ Patenggang, maka pada tahun 2018 ini, kulap guru kembali dilaksanakan dengan mengambil objek penelitian di Kawah Kamojang – Kab. Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Oktober 2018.

Kegiatan yang diketuai oleh Bpk Drs. Daru Yuli Setyanto, M.Si (Guru Biologi) ini bertujuan untuk merefresh keilmuan yang dimiliki oleh guru-guru terutama guru IPA. Menurut beliau, kegiatan ini sangat positif dan bisa membuka cakrawala ilmiah bagi guru di mata pelajaran masing-masing.

Pemberangkatan dimulai pada pukul 06.00 di kampus SMA Taruna Bakti Jl. L.L.R.E Martadinata no.52 menggunakan mini bus. Tepat pukul 10.00 rombongan kuliah lapangan telah sampai dilokasi Kawah Kamojang. Setelah itu rombongan berpencar sesuai mata pelajaran masing-masing.

Penelitian Fisika diawali dengan pengukuran kecepatan gravitasi dengan menggunakan metode bandul sederhana, kemudian dilanjutkan dengan pengukuran tekanan, suhu dan kelembaban di lingkungan sekitar kawah, kemudian dilanjutkan dengan pengukuran titik didih air di sekitar kawah kereta api.

Penelitian Biologi dilakukan dengan pengamatan vegetasi tumbuhan dan hewan disekitar kawah serta pengambilan spesimen yang bisa dimanfaatkan di laboratorium Biologi SMA Taruna Bakti. Sementara penelitian Kimia dilakukan dengan mengamati gas belerang yang muncul serta mengamati tekanan uap dari gas yang muncul, tak lupa juga guru-guru Kimia mengamati pH dari belerang yang ada di Kawah Kamojang.