Select Page

Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2018 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Barat telah berakhir beberapa hari yang lalu. Tahun ini, salah satu siswi SMA Taruna Bakti, Fahrein Rachel Latisha, kelas XII-8 meraih prestasi di ajang ini sebagai Juara ke-2.

Sejumlah 814 pelajar SLTA yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat mengikuti pendaftaran daring (online) dengan mengirimkan berbagai persyaratan, salah satunya esai bertemakan “Peran Pelajar dalam Meningkatkan Kesetiaan dan Kebanggaan Masyarakat terhadap Bahasa Indonesia”.

Sebanyak 100 pelajar terpilih untuk mengikuti seleksi tahap dua yang bertempat di Hotel Prama Grand Preanger Bandung. Dengan rangakaian tes yakni Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), Uji Kemahiran Bahasa Asing (UKBA), menulis esai 3 bahasa (Indonesia, daerah, dan asing), serta wawancara.

Dari seleksi tahap dua, terpilihlah 30 terbaik untuk mengikuti tahap final. Di tahap ini mereka mendapatkan pembekalan kemahiran berbahasa selama dua hari. Dan dilanjutkan dengan rangkaian uji kemahiran berbahasa yakni, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), uji wicara public (public speaking), penampilan bakat, serta penilaian kemahiran tiga bahasa dengan presentasi mengenai topik yang ditentukan secara spontan di depan para juri dan penonton yang hadir.

Setelah melewati rangkaian seleksi yang cukup panjang, 30 pelajar tersebut akhirnya resmi dikukuhkan menjadi Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2018. Mereka bertugas membantu Balai Bahasa Jawa Barat dalam pemartabatan bahasa Indonesia di masyarakat, khususnya kalangan generasi muda, dan meningkatkan kesadaran menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal itu sesuai dengan slogan “Utamakan bahasa Indonesia, Lestarikan bahasa Daerah, Kuasai bahasa Asing”. (DN)