Select Page

Pengembangan profesionalisme guru harus menjadi kewajiban sekolah dimanapun. Hal ini mengingat bahwa semakin kedepan, tantangan zaman semakin bertambah. Dan hal ini lah yang melandasi terselenggaranya kegiatan IN House Training (IHT) ke-2 guru SMA Taruna Bakti pada tahun ajaran 2017/2018.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 bertempat di Aula lt.2. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 ini mengetengahkan Pengawas Sekolah, Wuryanta,S.Pd,S.Kom,M,Kom, sebagai pemateri tunggal. Pak Wur (Sapaan akrab Beliau) memberikan materi tentang penyusunan RPP abad 21 dan materi HOTS (High Order Thinking Skills).

Pada pemaparannya Pak Wur mencoba menggali keterampilan berpikir tingkat tinggi yang merupakan kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau masalah. Keterampilan ini perlu dilatihkan sejak usia sekolah agar siswa terbiasa dengan cara berpikir tingkat tinggi yang akan menjadi modal pada jenjang pendidikan berikutnya.

Selain diisi materi, kegiatan ini juga diisi oleh Games untuk menghilangkan kejenuhan, seteleh itu diselenggarakan workshop penyusunan RPP abad 21. Peserta dikelompokan berdasarkan Kelompok Bidang Studinya, yang akan bekerja menyusun IPK, RPP sampai soal yang bertema HOTS. (Doni)