Select Page

Prestasi gemilang diraih oleh Siswi SMA Taruna Bakti, Rosdina Ningrum, di ajang Internasional setelah mendapatkan Medali perak pada Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2017 yang berlangsung di Kathmandu, Nepal tanggal 1-4 November 2017 diikuti oleh 10 negara Asia, Pasifik dan Eropa.

Hal ini membuat Tim Indonesia yang terdiri dari siswa/i SMA&SMP dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil menyabet 4 medali emas, 4 medali perak dan 1 medali perunggu.

Medali emas diperoleh dari bidang Life Science oleh Ni Kadek Adnya Kusuma Sari (SMAN 3 Denpasar), bidang Environmental Science oleh Lauw Ghevaldo Geraldio (SMA Cita Hati Surabaya), bidang Engineering oleh Samuel Alexander dari SMA Cita Hati Surabaya dan bidang Computer Science oleh Alvina Patricia Wijaya dari SMPK Trimulia Bandung

Pasangan Ketut Shri Satya Yogananda dan Ketut Shri Satya Wiwekananda (SMA Taruna Nusantara) di bidang Mathematics, pasangan Muhammad Rizki Airlangga Djojonegoro & Wan Muh. Irfan bin Wan Bazli (SMP Islam Al-Azhar 13 Surabaya & SMA Negeri 5 Surabaya), serta pasangan Faizah Kamilah Setiawan & Alifya Dewinta Amadea Wikan (SMP Al-Hikmah Surabaya) untuk bidang Environmental Science. Sebuah medali perunggu dipersembahkan oleh Muhammad Firman Nuruddin di bidang Environemental Science dari SMA Taruna Nusantara.

Tim Indonesia dibentuk dari seleksi berjenjang dari tingkat provinsi yang berlanjut ke tingkat nasional oleh Center for Young Scientists bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kota, universitas dan lembaga swadaya masyarakat sejak bulan Agustus hingga November 2016.

Prestasi ini memang sangat membanggakan segenap Civitas Akademika di lingkungan SMA Taruna Bakti terlebih karena prestasi yang diukir adalah di Ajang bergengsi di tingkat Internasional.

Terimakasih kepada Pembina Tim Indonesia 2017 yang berasal dari Center for Young Scientists, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan Bandung Fe Institute. Terimakasih juga kepada pihak sekolah, guru pembimbing serta orang tua yang telah memberikan support selama penelitian berlangsung hingga ke tahap lomba.