Select Page

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

Tak ketinggalan, SMA Taruna Bakti pada tahun pelajaran 2018/2019 juga melaksanakan kegiatan MPLS pada tanggal 24 & 25 Juli 2018, dalam rangka menyambut 247 siswa/i baru yang datang dari berbagai SMP Negeri maupun swasta di kota Bandung.

Di hari pertama dan kedua kegiatan MPLS, diisi dengan pematerian tentang Kedisiplinan dan tata tertib oleh tim kesiswaan, Pengenalan lingkungan sekolah oleh tim sarana prasarana dan sistem penilaian dan kurikulum oleh tim Bidang Akademik. Hal tersebut sangat penting, mengingat siswa/i baru harus dibekali terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan belajar selama 3 tahun kedepan.

Di hari ketiga, dilaksanakan demo ekstrakurikuler guna lebih mengenalkan ekstrakurikuler di lingkungan SMA Taruna Bakti. Ekskul yang ditampilkan pun sangat variatif, dari mulai ekskul Kabaret, THC (ekskul Pencinta Alam) sampai ekskul tata boga.

Selama berlangsungnya kegiatan MPLS ini, siswa/i baru mendapatkan banyak informasi terkait SMA Taruna Bakti (DN).