SiCekas atau Sistem Informasi Capaian Kompetensi Siswa merupakan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melihat informasi capaian hasil belajar peserta didik. Pada aplikasi ini baik peserta didik ataupun orang tua dapat memantau perkembangan belajar setiap bulan secara transparan. Sebelum peserta didik dapat menggunakan aplikasi SiCekas, peserta didik harus melakukan proses aktivasi akunnya terlebih dahulu. Untuk melakukan aktivasi tersebut, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Langkah pertama, buka laman https://sma.tarunabakti.sch.id/app/sicekas/ menggunakan browser favorit Anda. Apakah bisa dibuka menggunakan handphone? Tentu saja bisa, selama masih ada internet.

Langkah kedua, setelah laman terbuka secara sempurna lakukan proses login dengan memasukkan NIS (Nomor Induk Siswa) untuk kotak isian Username dan PasswordJika lupa dengan NIS, silakan untuk menanyakan ke wali kelas atau dapat dilihat pada daftar nama disini.

Login Sicekas

Langkah ketiga, pastikan nama yang muncul pada laman berikutnya sudah benar dan sesuai dengan identias masing-masing. Kemudian pada kotak isian email isikan email yang aktif dan masukkan password baru pada kotak isian password. Jika sudah, klik tombol Ok. Harap password dan email yang dimasukkan diingat baik-baik, karena untuk mengakses aplikasi SiCekas akan terus menggunakan email dan password yang dimasukkan pada langkah ini.

Masukkan email aktif dan password baru untuk mengakses SiCekas

Langkah keempat, segera cek email yang telah dimasukkan pada langkah ketiga dan buka email yang dikirimkan dari sistem SiCekas. Pada email tersebut terdapat tautan untuk melakukan aktivasi dan juga informasi login akun Anda. Klik link tersebut dan simpan email tersebut baik-baik. Contohnya seperti pada gambar berikut. Jika pada inbox tidak terdapat email tersebut, maka periksalah di folder spam/junk email Anda, atau tunggu hingga beberapa saat karena kemungkinan sedang terjadi antrian di sistem untuk pengiriman email aktivasi.

Email Aktivasi Akun SiCekas

Setelah link tersebut kita klik, selanjutnya kita akan dibawa kembali ke laman login. Silakan lakukan login menggunakan username berupa NIS dan password yang telah dimasukkan saat proses aktivasi kemudian klik tombol login. Jika berhasil, kita akan dibawa ke laman utama aplikasi SiCekas.

Tampilan Utama Aplikasi SiCekas

Sampai pada langkah ini, proses aktivasi telah selesai. Simpan baik-baik email aktivasi yang dikirim dari sistem, sehingga jika kita lupa password kita dapat melihatnya kembali. Langkah selanjutnya adalah lakukan update profil dengan klik Profil yang terdapat pada menu kemudian isikan NISN serta rencana pilihan jurusan perguruan tinggi.

Menu Profil

Tenang saja, jika suatu saat kamu berubah pikiran dengan rencana perguruan tinggi, isian ini masih bisa diubah kapanpun. Apabila kedepannya terdapat kendala teknis atau pertanyaan lainnya mengenai aplikasi SiCekas silakan dapat bertanya kepada wali kelas masing-masing. Ciayo~