Select Page

Pada Hari Senin tanggal 7 Januari 2020, diadakan acara “model united nations” online pertama yaitu Taruna Bakti Model United Nations (TBMUN) yang dilaksanakan melalui media discord. Rangkaian acara pada hari pertama TBMUN terdiri dari upacara pembukaan, 3 committee session yang diselangi istirahat dan diakhiri dengan “FUN MUN”. Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang diisi oleh sambutan dari secgen (secretary general) yang kemudian dilanjutkan dengan persiapan conference masing-masing council delegate yaitu UNICEF dan WHO.

Masing-masing council memasuki ruang discord dan memulai rangkaian debat dan diskusi yang disebut dengan comses (committee session) yang dibimbing dan dinilai oleh 2 sampai 3 profesional chairs dalam 1 ruang discord. Di dalam comses ini, council mendiskusikan berbagai solusi dari masing-masing negara  atas 1 pokok masalah yang diajukan dalam TBMUN 2020 ini, yaitu terkait dengan penanganan covid 19. Kemudian para peserta TBMUN diberi waktu istirahat diantara 3 comses yang terdapat di hari pertama penyelenggaraan acara. Diakhir rangkaian acara hari pertama tersebut, dalam jadwal “FUN MUN” peserta dipersilahkan mengisi google form yang bertujuan untuk membagikan “rahasia” dan pikiran mereka selama acara berlangsung hari itu. 

Kemudian pada hari kedua pelaksanaan TBMUN, rangkaian acara terdiri dari 1 committee session terakhir, preparation, dan awarding serta closing keseluruhan acara. Comses terakhir pun dimulai dan dijalani para peserta dengan interaktif dan serius. Setelah comses terakhir selesai, para peserta diberi waktu untuk bergabung kembali kedalam room discord besar untuk preparation, awarding, serta closing acara TBMUN 2020 secara resmi.

Setelah para chairs dan technical affairs yang merupakan pembimbing sekaligus juri selesai merundingkan dan memutuskan pemenang, acara awarding pun dimulai. Daftar award yang diberikan terdiri dari verbal mentions, most oustanding delegate, dan best delegate. Setelah semua awarding disebutkan dan rangkaian acara selesai, acara TBMUN 2020 resmi ditutup dengan pidato penutupan dari secgen dan foto (capture) bersama antara peserta, chairs, technical affairs dan panitia.