Select Page

Bandung – Tahun ini, SMA Taruna Bakti mendapat kesempatan untuk bekerjasama kembali dengan Fort Worth Sister Cities International melalui Virtual International  Leadership Academy (VILA). Program ini membangun hubungan dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan dengan peserta dari Indonesia, China, Eswatini, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Pada VILA 2021, topik yang di usung adalah ‘Global Connections for Inner Peace’, SMA Taruna Bakti mengirimkan dua siswa bernama Nayfa Almira Johan dari kelas XII-1 dan Sameera Gia Lalwasa dari XI-2 yang didampingi Ibu Lindawati Mustikasari, S.Pd untuk mengikuti program virtual yang berlangsung selama 4 minggu, bersama dengan siswa SMA lainnya yang mewakili Bandung sebagai salah satu ‘sister cities’.

Program ini memberkan siswa kesempatan untuk mengembangkan kemampuan memimpin, meningkatkan peluang kuliah, dan menjalin pertemanan seumur hidup dengan siswa dari negara lain. Program ini dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 31 Juli 2021. Persiapan dilaksanakan sejak 1 Juni 2021.

“Kegiatan ini sangat bagus dalam mengembangkan leadership skills remaja sebagai penerus bangsa kelak. Selain itu, mereka mendapatkan banyak pengetahuan baru dari teman-teman baru yg berasal dr berbagai negara. Kemampuan berbahasa inggris dengan topik yg berbeda-beda pun teruji. Sebagai salah saru guru pendamping, saya pun mendapatkan banyak kesempatan untuk sharing tentang pembelajaran, dan topik-topik lainnya, karena ada forum diskusi untuk guru pendamping” Ujar Ibu Lindawati Mustikasari, S.Pd selaku guru pembimbing.

Tak hanya itu, kesan positif pun disampaikan oleh Sameera Gia Lalwasa.  “Kegiatan VILA merupakan sebuah pengalaman berkesan bagi saya. Melalui VILA, saya mendapat kesempatan untuk bersosialisasi, melatih kemampuan berbahasa inggris, serta mendengarkan opini dari berbagai belahan dunia, yang membantu memperluas cara pikir saya. Saya belajar bahwa kepemimpinan harus dimulai dari diri sendiri, bahwa kita semua mampu menjadi pemimpin dari hidup masing-masing. Terlepas dari keadaan pandemi yang mengharuskan acara untuk dilaksanakan secara virtual, acara ini tidak pernah gagal menumbuhkan antusiasme saya setiap minggunya. Pengalaman ini akan terus membekas di hati dan pikiran saya”.

“Walaupun ILA tahun ini virtual, keuntungan yang didapatkan dari program ini tetep bermanfaat. Program ini bisa ngebangun keinginan kita buat mengeksplorasi budaya lain. Tema VILA 2021 itu ‘Inner Peace’. Topiknya cukup asing, tapi untungnya tim VILA menyediakan sesi diskusi dan juga memberi penugasan yg berkaitan dgn tema dan juga diri kita sendiri 🙂 Lingkungan disini itu sangat menyambut + bakal ada guru dan temen-temen dari Bandung yang mendampingi kita, jadi kita berdua ngga ada kekhawatiran selama 4 minggu berjalannya program. Melalui VILA, aku & Gia dapet kesempatan buat ngembangin kreatifitas, mengasah kemampuan komunikasi, dan yang paling penting: berkolaborasi.” Menurut Nayfa Almira mengungkap pengalamannya mengikuti VILA 2021.